Pages

Rabu, 28 Januari 2015

KAI Argo Bromo Angrek

ABA Go Green.PNG
Kereta api Argo Bromo Anggrek
Kereta api Argo Bromo AnggrekJS9501.jpg
Argo Bromo Anggrek langsung Stasiun Tegal
Info
Kelas Eksekutif Argo
Sistem Kereta api cepat
Status Beroperasi
Lokal Daop 1 Jakarta
Daop 8 Surabaya
Stasiun terminus Jakarta Gambir
Surabaya Pasar Turi
Rute pelayanan 2 (Pagi dan Malam)
Nomor KA 1-4
Operasional
Dibuka 24 September 1997
Pemilik PT Kereta Api Indonesia
Operator Daerah Operasi I Jakarta
Daerah Operasi VIII Surabaya
Dipo Lokomotif: Sidotopo (SDT), Jatinegara (JNG)
Kereta: Surabaya Pasar Turi (SBI)
Lokomotif CC206
Teknis
Jarak tempuh 725 km
Lebar trek 1.067 mm
Kecepatan operasi 70 s.d. 120 km/jam
[sembunyikan]Peta Rute

ke Jakarta Kota
Continuation backward


Unknown route-map component "BRÃœCKEa"

Jakarta Gambir
Unknown route-map component "hBHF"


Unknown route-map component "BRÃœCKEe"

ke
Continuation to left Junction from right

ke Tebet
Continuation to left Junction to right

Jakarta Manggarai
Unknown route-map component "xpBHF"


Unknown route-map component "KRWg+l" Continuation to right
ke

Unknown route-map component "xpBHF"

Jalan Tol Ir.Wiyoto Wiyono
Unknown route-map component "AKRZ-UKu"

Cirebon
Station on track

ke Ketanggungan
Continuation to left Junction to right

ke Margasari
Continuation to left Junction from right

Tegal
Unknown route-map component "xpBHF"

Pekalongan
Station on track

Semarang Tawang
Station on track


Unknown route-map component "KRWg+l" Continuation to right
ke Pelabuhan Tanjung Mas
ke Solo
Continuation to left Junction to right


Unknown route-map component "exCONTr" Unknown route-map component "eABZrf"

Cepu
Unknown route-map component "xpBHF"

ke Blora
Junction to left Continuation to right

Bojonegoro
Unknown route-map component "xpBHF"


Junction to left Continuation to right
ke Jatirogo

Unknown route-map component "KRWg+l" Continuation to right
ke Gresik
Jalan Tol Surabaya-Gempol
Unknown route-map component "AKRZ-UKu"

Surabaya Pasar Turi
Station on track

Arrow Blue Left 001.svg Sidotopo 
Continuation to left Unknown route-map component "ABZqlr" Continuation to right
 Stasiun Surabaya Kota Arrow Blue Right 001.svg

Kereta api Argo Bromo Anggrek adalah kereta api kelas eksekutif argo tertinggi yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa dengan jurusan Stasiun Gambir (GMR) dari dan ke Stasiun Surabaya Pasar Turi (SBI).
Kereta api Argo Bromo Anggrek merupakan kereta api yang terkenal dengan satu-satunya rangkaian kereta yang memiliki kereta spesial dengan bogie K9 dan merupakan kebanggaan Daop 1 Jakarta dan Daop 8 Surabaya. Kereta api ini menempuh perjalanan sejauh 725 km selama 9 jam. Kereta api Argo Bromo Anggrek membawa 5-8 rangkaian kereta kelas eksekutif Argo Bromo Anggrek dan sepanjang perjalanan kereta api Argo Bromo Anggrek hanya berhenti di Semarang Tawang, Stasiun Pekalongan (untuk perjalanan pada pagi hari), dan Stasiun Cirebon.

Pengoperasian

Logo lama KA Argo Bromo Anggrek.
Kereta api Argo Bromo Anggrek mulai dioperasikan pada tanggal 24 September 1997. Produk ini merupakan pengembangan dari kereta api Argo Bromo JS-950 yang diresmikan pertama kali perjalanannya oleh Presiden RI pada tanggal 31 Juli 1995 menandai Hari Teknologi Nasional 12 Agustus 1995.
Dalam perkembangannya, kereta api ini hanya berhenti di stasiun Cirebon dan Semarang Tawang. Dari stasiun Gambir, kereta api ini diberangkatkan pukul 09.30 dan 21.30 serta sampai di Stasiun Surabaya Pasar Turi pukul 18.30 dan 06.30, sedangkan dari Stasiun Pasar Turi, kereta api ini diberangkatkan pukul 08.15 dan 19.45 dan sampai di Stasiun Jakarta Gambir pukul 17.15 dan 04.39.
Kereta api ini adalah kereta unggulan dari PT Kereta Api Indonesia, dengan kereta yang lebih bagus dari yang lainnya, dibuat di PT Inka (Persero), Madiun. Rangkaian kereta Argo Bromo Anggrek dibuat pada tahun 1997 hingga 2001. Fasilitasnya juga lebih baik dari kereta eksekutif lain, seperti legrest (sandaran kaki), toilet yang lebih bagus, pintu masuk otomatis, dan lain-lainnya; serta kereta ini adalah satu-satunya yang menggunakan bogie K9, yaitu bogie yang terkenal nyaman dan menggunakan suspensi udara, serta mampu berlari hingga 120 km/jam, dengan kode jenis kereta: F|40|9 (F: kecepatan maksimal 120 km/jam, 40: 40 ton, 9: Bogie tipe K9). Dengan demikian penomoran rangkaian Argo Anggrek adalah K1-979xx (K1 0 97 xx) hingga K1-20019xx (K1 0 01 xx)
Bahkan pernah ada kelas Super Eksekutif (penomorannya diawali dengan KZ), yang dioperasikan selama beberapa waktu. Kereta KZ memiliki fasilitas yang lebih dari kelas eksekutif biasa, yaitu dengan adanya komputer dan kursi yang lebih lega. Kereta api ini juga diutamakan di setiap persilangan.
Rangkaian ini juga sempat mengalami sekali retrofit di PT Inka sekitar 2000-an akhir, dan itu mengubah warnanya dari pink menjadi ungu.
Tapi sayangnya, dalam pengoperasiannya, kereta ini sering mengalami kecelakaan, seperti anjlokan. Hal ini disebabkan akibat bogie tipe K9 yang sensitif terhadap kondisi rel di Indonesia, juga terhadap belokan. Karena seringnya kecelakaan itulah, Departemen Perhubungan Indonesia (nama Kementerian Perhubungan pada masa itu) menginstruksikan PT Kereta Api (nama PT KAI pada masa itu) untuk menarik seluruh kereta kelas Anggrek ini, dan akhirnya KA Argo Bromo Anggrek menggunakan kereta eksekutif biasa untuk sementara waktu. PT Inka Madiun selaku pembuat kereta ini pun melakukan perbaikan total terhadap kereta ini, yang dilakukan di pabriknya di Madiun. Perbaikan yang dilakukan adalah memperbaiki bogie kereta, lalu perbaikan interior dan eksterior, dan yang paling menonjol adalah perbaikan toilet menjadi toilet ramah lingkungan, dengan menambahkan kotak penampungan; karena sebelumnya limbah kotoran dibuang langsung ke rel. Tapi yang disayangkan adalah tidak adanya legrest pada kereta "Go Green" ini. Perbaikan eksterior juga bekerja sama dengan Balai Yasa Gubeng, Surabaya.
Kini KA Argo Bromo Anggrek Go Green sudah beroperasi, dan satu per satu kereta yang masih diperbaiki akan keluar dari PT Inka Madiun, sehingga terkadang ada bagian dari kereta ini yang belum memakai KA kelas Anggrek. Jika KA biasa akan disambungkan dengan KA bogie K9, maka tidak boleh ditaruh di tengah-tengah rangkaian, karena akan mengganggu kerja bogie K9, yang dikendalikan dari kereta pembangkit.
Sebagai kereta unggulan, lokomotif penariknya adalah yang terbaru, pertama CC203 sejak awal beroperasinya. Kemudian ketika CC204 beroperasi, CC203 dan CC204 bersama-sama menjadi andalan KA ini. Baru mulai tahun 2013, CC206 menggantikan kedua jenis lokomotif tersebut. Sepanjang beroperasinya, KA ini jarang sekali ditarik CC201, bahkan sejak CC206 datang, CC203 jarang menarik KA ini. Dengan adanya jalur ganda (double track) Jakarta-Surabaya via Pantura, sudah seharusnya kereta ini mampu menempuh jalur ini kurang dari 9 jam.

Jadwal perjalanan

Kereta api Argo Bromo Anggrek Pagi
Stasiun Kedatangan Keberangkatan
KA 1 (Surabaya Pasar Turi-Gambir)
Surabaya Pasar Turi - 08.15
Semarang Tawang 11.38 11.44
Pekalongan 12.53 12.56
Cirebon 14.29 14.35
Jatinegara 17.03 17.05
Gambir 17.15 -
KA 2 (Gambir-Surabaya Pasar Turi)
Gambir - 09.30
Cirebon 12.06 12.12
Pekalongan 13.47 13.50
Semarang Tawang 14.59 15.05
Surabaya Pasar Turi 18.30 -
Kereta api Argo Bromo Anggrek Malam
Stasiun Kedatangan Keberangkatan
KA 3 (Surabaya Pasar Turi-Gambir)
Surabaya Pasar Turi - 19.45
Semarang Tawang 23.08 23.15
Cirebon 01.54 02.00
Jatinegara 04.27 04.29
Gambir 04.39 -
KA 4 (Gambir-Surabaya Pasar Turi)
Gambir - 21.30
Cirebon 00.06 00.14
Semarang Tawang 02.57 03.04
Surabaya Pasar Turi 06.30 -

Etimologi

Nama Argo Bromo diambil dari nama gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Panorama Wisata Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2.392 m ini selain menyimpan makna ritual kultural dan religius juga menyajikan keindahan kawah dan keasrian alam lingkungannya yang membuat kawasan Gunung Bromo menjadi sangat terkenal dan menjadi salah satu tujuan wisata utama turis domestik maupun mancanegara. Sebutan Anggrek digunakan untuk menandai adanya "derivative merek" dari produk sebelumnya, sehingga warna eksterior kereta tersebut disesuaikan dengan paduan warna setangkai bunga anggrek.

Fasilitas

Kereta api Argo Bromo Anggrek menyediakan sarana hiburan selama dalam perjalanan berupa tayangan audio/video (show on rail). Selain sarana hiburan penumpang dapat juga memesan makanan dan minuman sesuai dengan menu pilihan yang disediakan dan bisa dinikmati baik di tempat duduk masing-masing maupun di kereta restorasi yang didesain sebagai mini bar yang dilengkapi dengan fasilitas untuk berkaraoke. Semua ini sengaja didesain untuk membuat penumpang seolah-olah berada di dalam hotel berjalan, sehingga perjalanan bersama Argo Bromo Anggrek diharapkan dapat menghemat biaya akomodasi hotel dan setibanya di tujuan dalam kondisi yang segar.
Karena seringnya terjadi kecelakaan maka sejak Desember 2010, rangkaian kereta api Argo Bromo Anggrek diganti dengan rangkaian kereta api Sembrani kelas eksekutif (seperti) pesawat dan kereta api lain kelas eksekutif argo standar (K1) karena rangkaian kereta kelas eksekutif Argo Bromo Anggrek (K9) yang mana warna eksteriornya putih bergaris ungu sedang direnovasi di PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun. Saat ini rangkaian kereta kereta api Argo Bromo Anggrek memiliki eksterior putih dan bergaris hijau sepanjang rangkaian dan di bagian samping bodinya ada tulisan "GO GREEN". Rangkaian kereta ini didesain oleh PT Inka, dan nanti akan siap menghiasi panorama alam Pulau Jawa bagian utara.
Rangkaian kereta api Argo Bromo Anggrek terdiri dari 5-8 kereta kelas eksekutif Argo Bromo Anggrek (K1), 1 kereta makan kelas eksekutif Argo Bromo Anggrek (M1), 1 kereta pembangkit (P) dan 1 kereta bagasi (B).

Insiden

  • Pada tahun 2005, sebuah Kereta Pembangkit kereta api Argo Bromo Anggrek ludes terbakar.
  • Kereta api Argo Bromo Anggrek menabrak kereta api Senja Utama Semarang pada pukul 03.00 WIB di Stasiun Petarukan, Jawa tengah. Kereta 6 dan 9 hancur berantakan. Jumlah korban 33 tewas, 26 luka parah. Penyebab terjadinya kecelakaan masih dalam penyelidikan.[1]
  • Tanggal 16 Desember 2010, kereta api Argo Bromo Anggrek menabrak pelajar sekitar pukul 10.00 di Desa Dengok, Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. 3 Tewas.[2]

Galeri

1 komentar:

  1. Mumet mencari situs agen bola yang tepat dan aman ??
    Jangan ambil pusing.. sekarang telah hadir BOLAVITA

    BOLAVITA merupakan situs agen bola, bandar bola, bandar taruhan bola yang terpercaya di Indonesia
    Situs taruhan bola sbobet ibcbet dan pasaran bola terbaik

    BOLAVITA menyediakan berbagai macam jenis permainan untuk anda seperti...
    dominoqq online, bandarq, slot game, tangkas online, number game dan masih banyak lagi.

    Minimal Deposit & Withdraw hanya Rp 50.000,-
    BOLAVITA memberikan fasilitas dan pelayanan terbaik untuk semua pelanggan

    Bonus Spesial
    Cashback 5% - 10%,
    Rollingan Casino 0.5% + 0.7%
    Bonus Akhir Tahun Freebet 1 Juta

    Fasilitas Exclusive
    Proses deposit & Withdraw Super Cepat
    Costumer Service Cantik Dan Profesional Online 24Jam

    Kami Bekerja Sama Dengan Bank Lokal Terbesar Di Indonesia
    * BCA
    * BNI
    * BRI
    * MANDIRI
    * CIMB NIAGA
    * DANAMON
    * DAN SEMUA BANK INDONESIA


    Boss Juga Bisa Kirim Via :
    Wechat : Bolavita
    WA : +6281377055002
    Line : cs_bolavita
    BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )

    BalasHapus